12/20/2012

Langkah Penting Dalam Membentuk Anak Jenius

Siapa sih yang tidak mau anaknya menjadi jenius/pintar? Setiap orang tua di dunia ini pastilah mendambakan hal itu.
Nah, ini ada beberapa kiat yang bisa anda lakukan untuk membuat buah hati anda menjadi pintar, dan mempunyai kemampuan menyerap dengan cepat segala sesuatu yang dipelajarinya.
1. Mengajari Anak Bermain Musik
- Selain sebuah kegiatan yang menarik bagi anak, bermain alat musik juga membantu merangsang pertumbuhan otak kanan pada anak.
2. Bermain Game Asah Otak
- Permainan yang mengandalkan kecerdasan otak seperti catur, teka-teki silang atau sudoku, mampu mendukung strategi berpikir anak-anak. Dimana saat memainkan game ini anak dapat mengasah kemampuannya untuk menganalisa serta menentukan pilihan.
3. ASI
- Tidak dapat dipungkiri bahwa peran Air Susu Ibu (ASI) eksklusif pada mempunyai peran penting dalam kecerdasan anak saat ia tumbuh dewasa. Dalam berbagai studi yang dilakukan ilmuwan, pemberian ASI eksklusif berdampak langsung pada tingginya tingkat kecerdasan anak, dibanding mereka yang hanya diberikan ASI selama beberapa bulan saja atau bayi yang diberikan susu formula.
4. Membiasakan Anak Berolahraga
- Olahraga bagi anak juga penting. Dimana, semakin bugar sang anak, maka kemampuannya dalam menerima pelajaran juga meningkat.
5. Mengembangkan Rasa Ingin Tahu Anak
- Mengajari keterampilan baru pada buah hati dan memperkenalkannya dengan dunia luar dapat merangsang cara berpikir anak, mengembangkan rasa ingin tahu dan intelektualnya.
6. Memberikan Anak Sarapan Sehat
- Memberikan menu sarapan yang sehat bagi anak akan meningkatkan memori dan konsentrasinya dalam belajar. Apalagi pada usia dini, anak membutuhkan asupan nutrisi dalam jumlah besar untuk menunjang perkembangan kecerdasan serta fisiknya.
7. Hindari Junk Food
- Menyingkirkan junk food atau makanan cepat saji dari menu makanan anak merupakan suatu yang sangat penting bagi orang tua. Karena meskipun tampak lebih lezat dan menarik (biasanya restoran cepat saji berupaya menarik anak-anak dengan memberikan hadiah mainan), namun nutrisi yang terkandung dalam makanan tersebut amatlah sedikit. Ada baiknya anda menggantinya dengan makanan bergizi tinggi yang baik untuk perkembangan mental anak usia dini, yang berfungsi dalam perkembangan motorik anak pada 1 sampai 2 tahun pertama mereka.
8. Membaca
- Membacakan dongeng kepada anak sebelum tidur, memberikan hadiah buku yang menarik, adalah salah cara untuk merangsang minat baca pada anak. Selain itu, dengan membaca anak dapat mengembangkan daya imajinasi serta memperluas pengetahuannya.
9. Mengajarkan Kepercayaan Diri Sejak Dini
- Membangun kepercayaan diri anak sejak usia dini berperan dalam meningkatkan hubungan sosialnya. Hal seperti berpartisipasi dalam kegiatan sosial atau tim olahraga, membuat anak semakin percaya diri, dan membantunya untuk tidak cepat menyerah dalam melakukan sesuatu. Kepercayaan diri yang tinggi juga mendorong anak untuk lebih Pede dalam menciptakan atau melakukan sesuatu yang baru, serta lebih mudah berinteraksi dengan lingkungan sosial sekitarnya.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Jangan lupa koment ya!!!